37 - حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِى مَالِكٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ » . أطرافه 35 ، 38 ، 1901 ، 2008 ، 2009 ، 2014 - تحفة 12277
"Man qoma Romadlona Imanan wa ihtisaban hufiro
lahu ma taqoddama min dzanbihi"
-- Barang siapa
mendirikan (sholat malam) dengan (niat) beriman dan mencari pahala (dari Allah
swt) maka, diampunilah dosanya yang telah lalu --
Ma'na:
- man qoma : Jumeneng kelawan tho'at ing dalem wengine
wulan romadlon
- imanan : hale (ing dalem tingkah jumenenge iku) ngimanake kelawan Allah swt, lan benerake kelawan janjine, lan
ngimanake kelawan fadlilahe iki wengi lan agunge ganjarane amal ibadah indalem
iki-iki wengi indalem ngersane Allah swt.
- Ihtisaban : hale mureh ganjaran sangkeng ngersane
Allah swt.
- hufiro lahu : pengapuro maksude nutupi. Pengapuro
sangking gusti Allah swt maring kawulane yoiku nganggoake mareng kawulane ing
pengapuro, lan nutupi piro-piro dosone.
Hikmah dari hadits tersebut:
- ma'na qiyamul romadlon yaitu menghidupkan malam
ramadlon dengan ibadah dan sholat.
- Pahala qiyamul romadlon yaitu diampuninya
dosa-dosa, dihilangkan keburukan-keburukan. akan tetapi, menurut imam haromain:
"dosa disini yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil yang berhubungan dengan
Allah swt"., sedang menurut imam nawawi: "ketik ia tidak memiliki
dosa-dosa kecil maka bisa diharapkan diringankan dosa-dosa besar".
- Diterimanya sholat malam dan diampuninya
dosa-dosa harus memenuhi 2 syarat:
1. Orang tersebut haruslah beriman dan membenarkan
akan pahala dari Allah swt.
2. niat mencari upah(pahala) dari Allah swt, ihlas
karena Allah swt.
bila kedua syarat tersebut tiada terpenuhi maka
amal tersebut tidak lain adalah riya' dan membanggakan (diri), maka amal
tersebut akan menjadi batal bahkan akan mendapatkan siksa.
- menurut Alkaromanain: "yang dimaksud dengan
qiyamul lail yaitu sholat taroweh"
- Hadits tersebut merupakan dalil atas Fadlilahnya
qiyamu romadlon, kekukuhan sunnahnya qiyamu romadlon, kukuhnya sholat taroweh
berjamaah di masjid.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan pesan disini