Malam Nishfu Sya’ban, Sejarah dan Amalannya
Oleh: Moh. Ma’ruf Khozin (Ketua LBM PCNU Surabaya)
Diantara keutamaan Sya’ban karena di dalamnya ada
malam Nishfu Sya’ban. Banyak dari umat Islam yang di malam tersebut melakukan
amalan tertentu, misalnya dzikir, membaca al-Quran dan sebagainya yang intinya adalah
meminta ampunan kepada Allah. Amaliyah ini memang tidak dilakukan di awal
generasi sahabat, namun Rasulullah dalam sabda-sabdanya yang masuk dalam
kategori sahih telah memberi isyarat akan kemulian malam tersebut. Dan jika
sebuah amaliyah memiliki dasar dalam Islam, maka amaliyah tersebut tidak
termasuk bid’ah tercela, terlebih lagi telah diamalkan sejak generasi Tabi’in
dan ulama Salaf.
Sejarah Pelaksanaan Malam Nishfu Sya’ban
Malam Nishfu Sya’ban
dilakukan pertama kali oleh para Tabi’in (generasi setelah Sahabat Nabi) di
Syam Syria, seperti Khalid bin Ma’dan (perawi dalam Bukhari dan Muslim), Makhul
(perawi dalam Bukhari dan Muslim), Luqman bin ‘Amir (al-Hafidz Ibnu Hajar
menilainya ‘jujur’) dan sebagainya, mereka mengagungkannya dan beribadah di malam
tersebut.
Dari mereka inilah kemudian orang-orang mengambil keutamaan Nishfu
Sya’ban. Ketika hal ini menjadi populer di berbagai Negara, maka para ulama
berbeda-beda dalam menyikapinya, ada yang menerima diantaranya adalah para
ulama di Bashrah (Irak). Namun kebanyakan ulama Hijaz (Makkah dan Madinah)
mengingkarinya seperti Atha’, Ibnu Abi Mulaikah, dan Abdurrahman bin Zaid bin
Aslam dari ulama Madinah dan pendapat beberapa ulama Malikiyah mengatakan:
“Semuanya adalah bid’ah”.
Ulama Syam berbeda-beda dalam melakukan ibadah
malam Nishfu Sya’ban.
Pertama
Dianjurkan dilakukan secara berjamaah di
masjid-masjid. Misalnya Khalid bin Ma’dan, Luqman bin Amir dan lainnya, mereka
memakai pakaian terbaiknya, memakai minyak wangi, memakai celak mata dan berada
di masjid. Hal ini disetujui oleh Ishaq bin Rahuwaih (salah satu Imam Madzhab
yang muktabar), dan beliau mengatakan tentang ibadah malam Nishfu Sya’ban di
masjid secara berjamaah: “Ini bukan bid’ah”. Dikutip oleh Harb al-Karmani dalam
kitabnya al-Masail.
Kedua
Dimakruhkan untuk berkumpul di masjid pada malam
Nishfu Sya’ban untuk shalat, mendengar cerita-cerita dan berdoa. Namun tidak
dimakruhkan jika seseorang salat (sunah mutlak) sendirian di malam tersebut.
Ini adalah pendapat al-Auza’i, imam ulama Syam, ahli fikih yang alim. Inilah
yang paling tepat, InsyaAllah. (Syaikh al-Qasthalani dalam Mawahib
al-Ladunniyah II/259 yang mengutip dari Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Lathaif
al-Ma’arif 151)
Dalil-Dalil Hadis Nishfu Sya’ban
Hadis Pertama
عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ عَن ِالنَّبِيِّ e قَالَ يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ
النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ
مُشَاحِنٍ (رواه الطبراني في الكبير والأوسط قال الهيثمى ورجالهما ثقات. ورواه
الدارقطنى وابنا ماجه وحبان فى صحيحه عن ابى موسى وابن ابى شيبة وعبد الرزاق عن
كثير بن مرة والبزار)
“Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah
memperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban,
kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan
musyahin (orang munafik yang menebar kebencian antar sesama umat Islam)”. (HR
Thabrani fi Al Kabir no 16639, Daruquthni fi Al Nuzul 68, Ibnu Majah no 1380,
Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Syaibah no 150, Al Baihaqi fi Syu’ab al Iman no
6352, dan Al Bazzar fi Al Musnad 2389.
Peneliti hadis Al Haitsami menilai para
perawi hadis ini sebagai orang-orang yang terpercaya. Majma’ Al Zawaid 3/395)
Ulama Wahabi, Nashiruddin al-Albani yang biasanya
menilai lemah (dlaif) atau palsu (maudlu’) terhadap amaliyah yang tak sesuai
dengan ajaran mereka, kali ini ia tak mampu menilai dlaif hadis tentang Nishfu
Sya’ban, bahkan ia berkata tentang riwayat diatas: “Hadis ini sahih” (Baca
as-Silsilat ash-Shahihah 4/86)
1563 – إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان
فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن (صحيح) اهـ السلسلة الصحيحة للالباني
(4/ 86)
Hadis Kedua
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ تَعَالَى
يَدْنُوْ مِنْ خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لِمَنِ اسْتَغْفَرَ إِلاَّ الْبَغِيَّ
بِفَرْجِهَا وَالْعَشَّارَ (رواه الطبراني في الكبير وابن عدي عن عثمان بن أبي
العاص وقال الشيخ المناوي ورجاله ثقات اهـ التيسير بشرح الجامع الصغير 1/551)
“Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya (rahmat)
Allah mendekat kepada hambanya (di malam Nishfu Sya’ban), maka mengampuni orang
yang meminta ampunan, kecuali pelacur dan penarik pajak” (HR al-Thabrani dalam
al-Kabir dan Ibnu ‘Adi dari Utsman bin Abi al-’Ash. Syaikh al-Munawi berkata:
Perawinya terpercaya. Baca Syarah al-Jami’ ash-Shaghir 1/551)
Hadis Ketiga
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْزِلُ اللهُ تَعَالَى
لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِكُلِّ نَفْسٍ إِلاَّ إِنْسَانًا
فِي قَلْبِهِ شَحْنَاءُ أَوْ مُشْرِكًا بِاللهِ عَزَّ وَجَلَّ (قال الحافظ ابن حجر
هذا حديث حسن أخرجه الدارقطني في كتاب السنة عن عبد الله بن سليمان على الموافقة
وأخرجه ابن خزيمة في كتاب التوحيد عن أحمد بن عبد الرحمن بن وهب عن عمه اهـ
الأمالي 122)
Qala Saw: “Yanzilu Allahu ta’ala lailatan nishfi
min Sya’bana fa yaghfiru li kulli nafsin illa insanan fi qalbihi syahna’ au
musyrikan billahi azza wa jalla”. Artinya “Rasulullah Saw bersabda: (Rahmat)
Allah turun di malam Nishfu Sya’ban maka Allah akan mengampuni semua orang
kecuali orang yang di dalam hatinya ada kebencian kepada saudaranya dan orang
yang menyekutukan Allah” (al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Hadis ini hasan.
Diriwayatkan oleh Daruquthni dalam as-Sunnah dan Ibnu Khuzaimah dalam
at-Tauhid, Baca al-Amali 122)
al-Hafidz Ibnu Hajar juga meriwayatkan hadis yang
hampir senada dari Katsir bin Murrah:
عَنْ كَثِيْرِ بْنِ مُرَّةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِنَّ رَبَّكُمْ يَطَّلِعُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلَى
خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لَهُمْ كُلِّهِمْ إِلاَّ أَنْ يَكُوْنَ مُشْرِكًا أَوْ
مُصَارِمًا (المطالب العالية للحافظ ابن حجر العسقلاني 3 / 424)
Nishfu Sya’ban Menurut Para Ulama
Sahabat Abdullah bin Umar Ra
عَنِ ابْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ خَمْسُ لَيَالِيَ لاَ
يُرَدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ لَيْلَةُ الْجُمْعَةِ وَأَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ
وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَتَا الْعِيْدِ (أخرجه البيهقي في شعب
الإيمان رقم 3711 وفي فضائل الأوقات رقم 149 وعبد الرزاق رقم 7927)
“Diriwayatkan dari Ibnu Umar, ia berkata: Ada 5
malam yang doa tidak akan ditolak. Yaitu doa malam Jumat, malam pertama bulan
Rajab, Malam Nishfu Sya’ban dan malam dua hari raya” (al-Baihaqi dalam Syu’ab
al-Iman No 3811 dan dalam Fadlail al-Auqat No 149, dan Abdurrazzaq dalam
al-Mushannaf No 7928)
Imam asy-Syafi’I (150-204 H / 767-820 M)
قَالَ الْبَيْهَقِي قَالَ الشَّافِعِي وَبَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ
إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ فِي لَيْلَةِ الْجُمْعَةِ
وَلَيْلَةِ اْلأَضْحَى وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ
وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ (أخرجه البيهقي في السنن الكبرى رقم 6087 وفي
معرفة السنن والآثار رقم 1958 وذكره الحافظ ابن حجر في تلخيص الحبير رقم 675)
Ahli hadis al-Baihaqi mengutip dari Imam Syafi’i:
” Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal
malam bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, dua malam hari raya dan malam Jumat”
(as-Sunan al-Kubra No 6087, Ma’rifat as-Sunan wa al-Atsar No 1958, dan dikutip
oleh al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Talkhis al-Habir No 675)
Ulama Syafi’iyah
قَالَ الشَّافِعِي وَاَنَا اَسْتَحِبُّ كُلَّ مَا حُكِيَتْ فِي هَذِهِ اللَّيَالِي
مِنْ غَيْرِ اَنْ تَكُوْنَ فَرْضًا هَذَا آخِرُ كَلاَمِ الشَّافِعِي وَاسْتَحَبَّ
الشَّافِعِي وَاْلاَصْحَابُ اْلاِحْيَاءَ الْمَذْكُوْرَ (المجموع للنووي 5 / 43)
“asy-Syafii berkata: Saya menganjurkan semua yang
diriwayatkan tentang ibadah di malam-malam tersebut (termasuk malam Nishfu
Sya’ban), tanpa menjadikannya sebagai sesuatu yang wajib. asy-Syafii dan ulama
Syafi’iyah menganjurkan ibadah dengan cara yang telah disebutkan” (Imam
an-Nawawi dalam al-Majmu’ 5/43)
Ahli Hadis al-Hafidz al-Iraqi (725-806 H /
1325-1404 M)
قَالَ الزَّيْنُ الْعِرَاقِي مَزِيَّةُ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ مَعَ
أَنَّ اللهَ تَعَالَى يَنْزِلُ كُلَّ لَيْلَةٍ أَنَّهُ ذُكِرَ مَعَ النُّزُوْلِ
فِيْهَا وَصْفٌ آخَرُ لَمْ يُذْكَرْ فِي نُزُوْلِ كُلِّ لَيْلَةٍ وَهُوَ قَوْلُهُ
فَيَغْفِرُ ِلأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ كَلْبٍ وَلَيْسَ ذَا فِي
نُزُوْلِ كُلِّ لَيْلَةٍ وَلأَنَّ النُّزُوْلَ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مُؤَقَّتٌ
بِشَرْطِ اللَّيْلِ أَوْ ثُلُثِهِ وَفِيْهَا مِنَ الْغُرُوْبِ (فيض القدير للمناوي
2/ 402)
“Zainuddin al-Iraqi berkata: Keistimewaan malam
Nishfu Sya’ban dimana setiap malam (rahmat) Allah turun ke langit terendah,
adalah karena memiliki karakteristik tersendiri yang tidak ada dalam setiap
malam, yaitu ‘Allah akan memberi ampunan’. Juga karena di setiap malam
ditentukan waktunya setelah lewat tengah malam atau sepertiga akhir, sementara
dalam Nishfu Sya’ban dimulai setelah terbenam matahari” (Faidl al-Qadir, Syaikh
al-Munawi, 2/402)
Syaikh Ibnu Hajar al-Haitami (909-973 H /
1504-1567 M)
وَالْحَاصِلُ أَنَّ لِهَذِهِ اللَّيْلَةِ فَضْلاً وَأَنَّهُ يَقَعُ فِيْهَا
مَغْفِرَةٌ مَخْصُوْصَةٌ وَاسْتِجَابَةٌ مَخْصُوْصَةٌ وَمِنْ ثَمَّ قَالَ
الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ إنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِيْهَا (الفتاوى
الفقهية الكبرى لابن حجر الهيتمي 2/ 80)
“Kesimpulannya, bahwa Malam Nishfu Sya’ban ini
memiliki keutamaan. Di dalamnya terdapat ampunan khusus dan terkabulnya doa
secara khusus. Oleh karenanya as-Syafi’i berkata: Doa dikabulkan di Malam
Nishfu Sya’ban” (Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah 2/80)
Syaikh Ibnu Taimiyah (661-728
H / 1263-1328 M. Ideolog Utama aliran Wahabi)
وَمِنْ هَذَا الْبَابِ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقَدْ
رُوِىَ فِي فَضْلِهَا مِنَ اْلأَحَادِيْثِ الْمَرْفُوْعَةِ وَاْلآثَارِ مَا يَقْتَضِي
أَنَّهَا لَيْلَةٌ مُفَضَّلَةٌ وَأَنَّ مِنَ السَّلَفِ مَنْ كَانَ يَخُصُّهَا
بِالصَّلاَةِ فِيْهَا وَصَوْمُ شَهْرِ شَعْبَانَ قَدْ جَاءَتْ فِيْهِ أَحَادِيْثُ
صَحِيْحَةٌ وَمِنَ الْعُلَمَاءِ مِنَ السَّلَفِ مِنْ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ
وَغَيْرِهِمْ مِنَ الْخَلَفِ مَنْ أَنْكَرَ فَضْلَهَا وَطَعَنَ فِي اْلأَحَادِيْثِ
الْوَارِدَةِ فِيْهَا كَحَدِيْثِ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ فِيْهَا ِلأَكْثَرَ مِنْ
عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ بَنِي كَلْبٍ وَقَالَ لاَ فَرْقَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ
غَيْرِهَا لَكِنِ الَّذِي عَلَيْهِ كَثِيْرٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَوْ
أَكْثَرُهُمْ مِنْ أَصْحَابِنَا وَغَيْرِهِمْ عَلَى تَفْضِيْلِهَا وَعَلَيْهِ
يَدُلُّ نَصُّ أَحْمَدَ لِتَعَدُّدِ اْلأَحَادِيْثِ الْوَارِدَةِ فِيْهَا وَمَا
يُصَدِّقُ ذَلِكَ مِنَ اْلآثَارِ السَّلَفِيَّةِ وَقَدْ رُوِِىَ بَعْضُ
فَضَائِلِهَا فِي الْمَسَانِيْدِ وَالسُّنَنِ وَإِنْ كَانَ قَدْ وُضِعَ فِيْهَا أَشْيَاءٌ
أُخَرُ (اقتضاء الصراط 302)
“Keutamaan malam Nishfu Sya’ban diriwayatkan dari
hadis-hadis marfu’ dan atsar (amaliyah sahabat dan tabi’in), yang menunjukkan
bahwa malam tersebut memang utama. Dan sebagian ulama Salaf ada yang secara
khusus melakukan salat sunah (mutlak) di malam tersebut … Kebanyakan ulama atau
kebanyakan ulama dari kalangan kami mengatakan keutamaan malam Nishfu Sya’ban.
Ini sesuai dengan penjelasan Imam Ahmad karena banyaknya hadis yang menjelaskan
tentang malam Nishfu Sya’ban dan yang mendukungnya dari riwayat ulama Salaf.
Sebab riwayat Malam Nishfu Sya’ban terdapat dalam kitab-kitab Musnad dan Sunan,
meskipun di dalamnya juga ada sebagian hadis-hadis palsu”
وَسُئِلَ عَنْ صَلاَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ ؟ (الْجَوَابُ) فَأَجَابَ:
إذَا صَلَّى اْلإِنْسَانُ لَيْلَةَ النِّصْفِ وَحْدَهُ أَوْ فِيْ جَمَاعَةٍ خَاصَّةٍ
كَمَا كَانَ يَفْعَلُ طَوَائِفُ مِنْ السَّلَفِ فَهُوَ أَحْسَنُ. وَأَمَّا اْلاِجْتِمَاعُ فِي
الْمَسَاجِدِ عَلَى صَلاَةٍ مُقَدَّرَةٍ كَاْلاِجْتِمَاعِ عَلَى مِائَةِ رَكْعَةٍ
بِقِرَاءَةِ أَلْفٍ: {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} دَائِمًا. فَهَذَا بِدْعَةٌ لَمْ
يَسْتَحِبَّهَا أَحَدٌ مِنَ اْلأَئِمَّةِ. وَاللهُ أَعْلَمُ (مجموع فتاوى
ابن تيمية ج 2 ص 469)
“Ibnu Taimiyah ditanya soal shalat pada malam
nishfu Sya’ban. Ia menjawab: Apabila seseorang shalat sunah muthlak pada malam
nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah, sebagaimana dilakukan oleh segolongan
ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan
shalat yang ditentukan, seperti salat seratus raka’at dengan membaca surat al
Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah perbuata bid’ah yang sama sekali
tidak dianjurkan oleh para ulama”. (Majmú’ Fatáwá Ibnu Taymiyyah, II/469)
Syaikh al-Mubarakfuri (1361-1427
H / 1942-2006 M)
وَهَذِهِ اْلأَحَادِيْثُ كُلُّهَا تَدُلُّ عَلَى عَظِيْمِ خَطَرِ لَيْلَةِ
نِصْفِ شَعْبَانَ وَجَلاَلَةِ شَأْنِهَا وَقَدْرِهَا وَأَنَّهَا لَيْسَتْ
كَاللَّيَالِي اْلأُخَرِ فَلاَ يَنْبَغِي أَنْ يُغْفَلَ عَنْهَا بَلْ يُسْتَحَبُّ
إِحْيَاءُهَا بِالْعِبَادَةِ وَالدُّعَاءِ وَالذِّكْرِ وَالْفِكْرِ (مرعاة
المفاتيح شرح مشكاة المصابيح 4/ 341)
“Hadis-hadis ini secara keseluruhan menunjukkan
keagungan Malam Nishfu Sya’ban, dan malam tersebut tidak sama dengan
malam-malam yang lain. Dan dianjurkan untuk tidak melupakannya, bahkan
dianjurkan untuk menghidupinya dengan ibadah, doa, dzikir dan tafakkur” (Syaikh
al-Mubarakfuri dalam Syarah Misykat al-Mashabih 4/341)
Membaca Yasin di Malam Nishfu Sya’ban
وَأَمَّا قِرَاءَةُ سُوْرَةِ يس لَيْلَتَهَا بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَالدُعَاءِ
الْمَشْهُوْرِ فَمِنْ تَرْتِيْبِ بَعْضِ أهْلِ الصَّلاَحِ مِنْ عِنْدِ نَفْسِهِ
قِيْلَ هُوَ الْبُوْنِى وَلاَ بَأْسَ بِمِثْلِ ذَلِكَ (أسنى المطالب فى أحاديث مختلفة المراتب ص 234)
“Adapun pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu
Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad sebagian ulama, konon ia
adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang buruk”. (Syaikh
Muhammad bin Darwisy, Asná al-Mathálib, 234)
Kesimpulan
Berdasarkan hadis-hadis sahih diatas dan ijtihad
para ulama hadis dan fikih menunjukkan bahwa amaliyah di malam Nishfu Sya’ban
memiliki dasar yang kuat dan bukan perbuatan bid’ah yang sesat, karena telah
diamalkan sejak generasi ulama salaf. Jika Tarawih di Madinah 39 rakaat yang
baru dirintis di masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz dari Bani Umayyah tidak ada
yang menghukumi bid’ah bahkan menjadi acuan sah ijtihad ulama Malikiyah, lalu
bagaimana bisa amaliyah malam Nishfu Sya’ban dituduh bid’ah yang sesat? Wallahu
A’lam
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan pesan disini