Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas (Bungur)
Al-Habib
Ali bin Husein Al-Attas, beliau lebih dikenal dengan sebutan Habib Ali Bungur.
Beliau merupakan rantai jaringan Ulama Betawi sampai sekarang ini. Beliau
memiliki jasa yang sangat besar dalam menorehkan jejak langkah dakwah
dikalangan masyarakat Betawi. Beliau menjadi rujukan umat di zamannya, Al-Habib
Salim bin Jindan mengatakan bahwa Al- Habib Ali bin Husein Al-Attas dan
Al-Habib Ali Kwitang bagaikan kedua bola matanya, dikarekan keluasan khazanah
keilmuan kedua habib itu.
Silsilah
beliau adalah : Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin Ja’far bin
Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al- Habib Umar bin Abdurrahman
Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah
bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin Muhammad Al-Faqih Al- Muqaddam bin Ali bin
Muhammmad Sahib Mirbath bin Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin
‘Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An- Naqib bin Ali Al -
‘Uraidhi bin Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal Abidin
bin Husein bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wasalam.
Beliau
lahir di Huraidhah, Hadramaut, pada tanggal 1 Muharram 1309 H, bertepatan
dengan 1889 M. semenjak usia 6 tahun beliau belajar berbagai ilmu keislaman
pada para ulama dan auliya yang hidup di Hadramaut saat itu, sebagaimana jejak
langkah generasi pendahulunya, seelah mendalami agama yang cukup di Hadramaut,
pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah suci unuk menunaikan haji serrta
berziarah ke makam datuknya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam di Madinah.
Disana beliau menetap di Makkah. Hari-hari beliau dipergunakan untuk menimba
ilmu kepada para ulama yang berada di Hijaz. Setelah 4 tahun (tak banyak
sejarawan yang menulis bagaimana perjalanan beliau hingga kemudian tiba di
Jakarta) setelah menetap di Jakarta, beliau berguru kepada para ulama yang
berada di tanah air,diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas
(Empang-Bogor), Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al- Attas (Pekalongan)
dan Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya), Al- Habib Muhammad bin
Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso).
Di
daerah Cikini beliau tinggal, sebuah kampung yang masyarakatnya hidup dibawah
gais kemiskinan. Beliau tinggall bersama-sama rakyat jelata. Setiap orang
mengenal Habib Ali, pasti akan berkata “hidupnya sederhana,tawadhu’,teguh
memegang prinsip, menolak pengkultusan manusia, berani membela kebenaran, luas
dalam pemikiran, mendalam di bidang ilmu pengetahuan, tidak membeda-bedakan
yang kaya dan yang miskin, mendorong terbentuknya Negara Indonesia yang
bersatu, utuh serta berdaulat, tidak segan-segan menegur para pejabat yang
mendatanginya dan selalu menyampaikan agar jurang antara pemimpin dan rakyat
dihilangkan, rakyat mesti dicintai,”hal inilah yang menyebabkan rakyat
mencintai Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau tidak pernah menadah
tangannya kepada orang-orang kaya harta, sebab beliau memiliki kekayaan hati,
beliau tidak mau menengadahkan tangannyadibawah, kecuali hanya memohon kepada
Rabbul ‘Alamin. Beliau memiliki ketawakalan yang tinggi kepada Allah azza wa
jalla.
Beliau
selalu mengorbankan semangat anti penjajah dengan membawakan ayat-ayat Al-
Qur’an dan Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam yang menganjurkan melawan
penjajah. “Penjajah adalah penindas, kafir dan wajib diperangi” begitulah yang
sering beliau ucapkan. Beliau tergolong pejuang yang anti komunis. Pada masa
pemberontakan PKI, beliau selalu mengatakan bahwa “PKI dan komunis akan lenyap
dari bumi Indonesia dan rakyat akan selalu melawan kekuatan atheis. Ini berkah
perjuangan para ulama dan auliya yang jasadnya bertebaran di seluruh
nusantara”.
Semasa
hidupnya beliau tidak pernah berhenti dan tak kenal lelah dalam berdakwah. Salah
satu karya terbesar beliau adalah kitab Tajul A’ras fi Manaqib Al-Qutub
Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Attas, sebuah kitab sejarah para ulama
Hadramaut yang pernah beliau jumpai, dari masa penjajahan Inggris di Hadramaut,
sehingga sekilas perjalanan para ulama Hadramaut di Indonesia. Buku itu juga
berisi tentang beberapa kandungan ilmu tasawuf dan Thariqah Alawiyah.
Semasa hidupnya beliau selalu berjuang membela umat,
kesederhanaan serta istiqomahnya dalam mempraktekkan ajaran islam dalam
kehidupan sehari-hari menjadi taulan yang baik bagi umat. Beliau selalu
mengajarkan dan mempraktekkan bahwa islam mengajak umat dari kegelapan pada
cahaya yang terang, membawa dari taraf kemiskinan kepada taraf keadilan dan
kemakmuran dan beliau pun wafat pada tanggal 16 Februari 1976, jam 06:10 pagi
dam usia 88 tahun dan beliau dimakamkan di pemakaman Al-Hawi, condet Jakarta
timur.(sumber: http://nurulmusthofa.org)
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan pesan disini