• Miliki Segera Buku: SYAMILA Panduan Lengkap Pintar Berbahasa Arab



    PROFIL BUKU


    Buku yang sederhana ini disusun berdasarkan analisis kebutuhan (need aassesment) para pembelajar dan pengajar bahasa Arab saat ini. Di mana para pembelajar dan pengajar bahasa Arab membutuhkan referensi komprehensif yang bisa memenuhi kebutuhan & kepentingan mereka untuk menguasai skill berhasa Arab terutama dalam berkomunikasi di berbagai situasi dan kondisi. Buku ini diharapkan dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan itu, terutama dalam aspek keterampilan berbicara (mahârah al-kalâm) di berbagai situasi dan kondisi.
    Menurut hemat penulis, Selama ini sudah banyak referensi-referensi bahasa Arab yang beredar, akan tetapi kebanyakan hanya menyajikan satu aspek saja, sehingga para pengajar dan pembelajar bahasa Arab perlu mengumpulkan banyak referensi untuk memenuhi berbagai aspek yang mereka butuhkan untuk menguasai skill bahasa Arab. Berbeda dengan buku ini, di dalamnya menyajikan banyak aspek yang dibutuhkan oleh para pengajar dan pembelajar bahasa Arab. Terdapat empat aspek yang disajikan dalam buku ini sebagaimana berikut:
    1.      Kosakata
    Kosa kata merupakan aspek mendasar dan utama untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Arab. Kosakata dalam buku ini mencakup kata benda (asmâ’) dan kata kerja (af’âl) yang disajikan secara tematis (maudlu’iy).
    2.      Pola-pola percakapan dan contoh praktiknya
    Percakapan dalam buku ini disajikan secara tematis (maudlu’iy) berdasarkan pola-polanya yang dilengkapi dengan contoh praktik, tidak berdasarkan tempat (makaniy), sehingga bisa diaplikasikan dalam berbagai situasi dan kondisi.
    3.      MC, Sambutan, dan Pidato bahasa Arab
    Bagian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara dalam forum-forum resmi dan mampu untuk menjadi petugas dalam berbagai acara berbahasa Arab.
    4.      Bahasa Arab amiyah TKI & Haji
    Sebagaimna pada umumnya bahasa, bahasa Arab juga mempunyai ragam bahasa baku dan non baku. Bahasa baku dalam bahasa Arab disebut bahasa fusha, sedangkan bahasa non baku disebut bahasa amiyah. Dengan ini maka diharapkan para pembelajar mempunyai keterampilan bahasa non baku guna menunjang kebutuhan social, terutama ketika berkesempatan mengunjungi Negara-Negara Arab.


    Dalam mengembangkan keterampilan berbicara (maharah al-kalâm), kosakata merupakan aspek mendasar yang harus dikuasi oleh para pembelajar bahasa. Penguasaan kosakata yang dilanjutkan dengan pengembangan pola-pola percakapan dan contoh praktiknya akan sangat membantu  dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Setelah mereka mampu mengaplikasikan percakapan dalam kegiatan sehari-hari, maka seyogyanya mereka mempunyai kecakapan berbahasa Arab dalam kegiatan-kegiatan formal, seperti menjadi MC, sambutan, dan penceramah. Setelah dirasa cukup, maka keterampilan berbahasa amiyah bisa menjadi keterampilan tambahan bagi mereka.
    Dengan ini diharapkan pembelajar bahasa Arab dapat memiliki kecakapan berbahasa, karena bahasa sesungguhnya adalah apa yang diucapkan. Buku ini pun diharapkan dapat menjadi suplemen yang komprehensif dalam pengembangan keterampilan berbahasa Arab bagi para pembelajar, baik untuk tingkat elematary, intermediate, maupun advanced.


    “SYAMILA”
    Panduan Bahasa Arab Komprehensif
    Content:
    Kosa Kata Tematik
    Pola Percakapan & Contoh Praktek
    MC, Sambutan & Pidato
    Bahasa Arab TKI & Haji

    BURUAN PESAN SEBELUM KEHABISAN STOK
    PESAN DALAM JUMLAH BANYAK MENJADI PERHATIAN PENTING BAGI KAMI


    HUBUNGI: NADHIF (085 743 939 133 / 081 90 1116 746)




  • 1 komentar:

    Silahkan tinggalkan pesan disini

    DAFTAR SEKARANG

    Pendaftaran Madrasah Aliyah Keagamaan Al-Itqon Patebon, Kendal Tahun Pelajaran 2023/2024 Daftar Sekarang, Kuota Terbatas.

    ALAMAT

    Kebonharjo RT 3 RW 2 Patebon Kendal Jawa Tengah

    EMAIL

    spmalitqon@gmail.com
    mak.alitqon@gmail.com

    TELEPON

    0813-1111-9337

    WHATSAPP

    0813-1111-9337