Syekh Nawawi, Ulama Indonesia Bertaraf Internasional

Syekh Muhammad bin Umar Nawawi Al-Bantani Al-Jawi, adalah salah satu ulama Indonesia yang terkenal di dunia, lahir di Kampung Pesisir, Desa Tanara, Kecamatan Tanara, Serang, Banten, 1815. Sejak umur 15 tahun pergi ke Makkah dan tinggal di sana tepatnya daerah Syi’ab Ali, hingga wafatnya 1897, dan dimakamkan di Ma’la. Ketenaran beliau di Makkah membuatnya di juluki Sayyidul Ulama Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz). Tanah Hijaz adalah nama daerah yang sejak 1925 diubah namanya menjadi Saudi Arabia (setelah Keluarga Saud mengkudeta Khalifah Syarif Husein).

Diantara ulama Indonesia yang sempat belajar ke Beliau adalah Syaikhona Khalil Bangkalan dan Hadratusy Syekh KH Hasyim Asy’ari. Kitab-kitab karangan beliau banyak sekali diterbitkan di Mesir. Seringkali beliau dengan ikhlasnya hanya mengirimkan manuscript naskahnya dan setelah itu tidak mempedulikan lagi bagaimana penerbit menyebarluaskan hasil karyanya, termasuk hak cipta dan royaltinya. Selanjutnya kitab-kitab beliau itu menjadi bagian dari kurikulum pendidikan agama di seluruh pesantren di Indonesia, bahkan Malaysia, Filipina, Thailand, dan juga negara-negara di Timur Tengah. Begitu produktifnya beliau dalam menyusun kitab (semuanya dalam bahasa Arab) hingga orang menjulukinya sebagai Imam Nawawi kedua. Imam Nawawi pertama adalah yang membuat Syarah Shahih Muslim, Majmu’ Syarh Muhadzdzab, Riyadlush Shalihin, dll. Namun demikian panggilan beliau adalah Syekh Nawawi bukan Imam Nawawi.


Jumlah kitab beliau yang terkenal dan banyak dipelajari ada sekitar 22 kitab. Beliau pernah membuat tafsir Al-Qur’an berjudul Mirah Labid yang berhasil membahas dengan rinci setiap ayat suci Al-Qur’an. Buku beliau tentang etika berumah tangga, berjudul Uqudul Lijain (diterjemahkan ke Bhs Ind) telah menjadi bacaan wajib para mempelai yang akan segera menikah. Kitab Nihayatuz Zain sangat tuntas membahas berbagai masalah fiqih (syariat Islam). Sebuah kitab kecil tentang syariat Islam yang berjudul Sullam (Habib Abdullah bin Husein bin Tahir Ba’alawi), diberinya Syarah (penjelasan rinci) dg judul baru Mirqatus Su’udit Tashdiq. Salah satu karya beliau dalam hal kitab hadits adalah Tanqihul Qoul, syarah Kitab Lubabul Hadith (Imam Suyuthi). Kitab Hadits lain yang sangat terkenal adalah Nashaihul Ibad, yang beberapa tahun yang lalu dibahas secara bergantian oleh Alm. KH Mudzakkir Ma’ruf dan KH Masrikhan (dari Masjid Jami Mojokerto) dan disiarkan berbagai radio swasta di Jawa Timur. Kitab itu adalah syarah dari kitabnya Syekh Ibnu Hajar Al-Asqalani.

Diantara karomah beliau adalah, saat menulis syarah kitab Bidayatul Hidayah (by Imam Ghozali), lampu minyak beliau padam, padahal saat itu sedang dalam perjalanan dengan sekedup onta (di jalanpun tetep menulis, tidak seperti kita, melamun atau tidur). Beliau berdoa, bila kitab ini dianggap penting dan bermanfaat buat kaum muslimin, mohon kepada Allah SWT memberikan sinar agar bisa melanjutkan menulis. Tiba2 jempol kaki beliau mengeluarkan api, bersinar terang, dan beliau meneruskan menulis syarah itu hingga selesai. Dan bekas api di jempol tadi membekas, hingga saat Pemerintah Hijaz memanggil beliau untuk dijadikan tentara (karena badan beliau tegap), ternyata beliau ditolak, karena adanya bekas api di jempol tadi.

Karomah yg lain, nampak saat beberapa tahun setelah beliau wafat, makamnya akan dibongkar oleh pemerintah untuk dipindahkan tulang belulangnya dan liang lahadnya akan ditumpuki jenazah lain (sebagaimana lazim di Ma’la). Saat itulah para petugas mengurungkan niatnya, sebab jenazah Syekh Nawawi (beserta kafannya) masih utuh walaupun sudah bertahun-tahun dikubur. Karena itu, bila pergi ke Makkah, Insya Allah kita akan bisa menemukan makam beliau di Pemakaman Umum Ma’la. Banyak juga kaum Muslimin yang mengunjungi rumah bekas peninggalan beliau di Serang, Banten.

Silsilah Syaich Nawawi

sumber http://pepeyeou.blogspot.com

Penghulu Para Ulama
Sayid ’Ulamail Hijaz adalah gelar yang disandangnya. Sayid adalah penghulu, sedangkan Hijaz wilayah Saudi sekarang, yang di dalamnya termasuk Mekah dan Madinah. Dialah Syekh Muhammad Nawawi, yang lebih dikenal orang Mekah sebagai Nawawi al-Bantani, atau Nawawi al-Jawi seperti tercantum dalam kitab-kitabnya.
Al-Bantani menunjukkan bahwa ia berasal dari Banten, sedangkan sebutan al-Jawi mengindikasikan musalnya yang Jawah, sebutan untuk para pendatang Nusantara karena nama Indonesia kala itu belum dikenal. Kalangan pesantren sekarang menyebut ulama yang juga digelari asy-Syaikh al-Fakih itu sebagai Nawawi Banten.

سِلْسِلَةُ الْنَّسْلِ النَّوَوِى الْجَاوِى اْلبَنْتَنِى
SILSILAH NASAB SYEIKH NAWAWI ALBANTANI

سَيِّدُنَا محَُمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمُ
Sayyiduna Muhammad Saw.
سَيِّدُنَا عَلِىُّ ابْنِ أَبِىْ طَالِبِ وَ سَيِّدَتُنَا فَاطِمَةُ الزَّهْرَاءِ اْلبَتُوْلِ
Sayyiduna A`li bin Abi Tholib Kwh. Wa Sayyidatuna Hababah Fatimah Azzahro Al-Batul ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ مَوْلاَنَا اْلحُسَيْنِ
Sayyiduna Imam Maulana Husain ra.
 سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ زَيْنِ ْالعَابِدِيْنِ السَّجَادِ
Sayyiduna Imam `Ali Zainal A`bidin Assajad ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ محَُمَّدُ اْلبَاقِرِ
Sayyiduna Imam Muhammad Baqir ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ جَعْفَرُ الصَّادِقِ
Sayyiduna Imam Ja`far Shodiq ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ اْلعُرَيْضِ
Sayyiduna Imam A`li U`roidhi ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ محَُمَّدُ النَّقِيْبِ
Sayyiduna Imam Muhammad Naqib ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عِيْسَى الشَّاكِرِ الرُّومِى
Sayyiduna Imam I`sa Syakir Arrumi ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ اَحْمَدُ ْالمُهَاجِّرِ
Sayyiduna Imam Ahmad Al-Muhajir ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عُبَيْدُ اللهِ
Sayyiduna Imam U`baidullah ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلَوِى
Sayyiduna Imam Alawi ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ محَُمَّدٌ
Sayyiduna Imam Muhammad ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلْوِى
Sayyiduna Imam Alwi ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ خَالِعِ قَسَمْ
Sayyiduna Imam A`li Kholi Qosam ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ محَُمَّدُ الصَّاحِبِ ْالمَرْبَاط
Sayyiduna Imam Muhammad Shohib Marbath ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ حَضْرَ مَوْتَ
Sayyiduna Imam A`li hadhro maut ( yaman ) ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَبْدُ الْمَالِكِ
Sayyiduna Imam Abdul Malik ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَبْدُاللهِ خَانْ
Sayyiduna Imam Abdullah Khon ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ اَحْمَدُ شَاهْ جَلاَلِ الدِّيْنِ
Sayyiduna Imam Ahmad Syah Jalaliddin ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ جَمَالُ الدِّيْنِ اْلاَكْبَرِ
Sayyiduna Imam Jamaluddin Al-Akbar ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ النُّوْرِ اْلعَالِمِ سِيَامِ
Sayyiduna Imam A`li Nurril A`lim Siyam ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَبْدُاللهِ عُمْدَةَالدِّيْنِ
Sayyiduna Imam Abdillah U`mdataddin ra.
سُنَنْ جَاتِى رَادَينْ شَرِيْفُ هِدَايَةِ اللهِ جِيْرَبَونْ
Sunan Jati  Raden Syarif Hidayatullah Cirebon ra.
مَوْلَانَا حَسَنُ الدِّيْنِ بَنْتَنْ
Maulana Hasanuddin Banten ra.
مَوْلَانَا يُوْسُفُ فَكَالَئَنْ بَنْتَنْ
Maulana Yusuf Banten ra.
مَوْلَانَا مُحَمَّدُ نَصْرِالدِّيْنِ بَنْتَنْ
Maulana Muhammad Nashriddin Banten ra.
مَوْلَانَا اَبُو الْمَفَاخِرِ مُحَمَّدٍ عَبْدِ اْلقَادِرِ
Maulana Abul Mafakhir Muhammad A`bdil Qodir ra.
مَوْلَانَا اَبُو الْمَعَالِى اَحْمَدَ كَنَارِى بَنْتَنْ
Maulana Abul Ma`ali Ahmad Kanari Banten ra.
مَوْلَانَا اَبُو الْفَتْحِ عَبْدِ الْفَتَّاحِ تِرْتَيَاسَ بَنْتَنْ
Maulana Abul Fath A`bdil fattah Tirtayasa Banten ra.
مَوْلَانَا مَنْصُوْرُالدِّيْنِ جِيْكَادُوَينْ بَنْتَنْ
Maulana Mangshuruddin Cikaduen Banten ra.
مَوْلَانَا نَوَوِى
Maulana Nawawi ra.
مَوْلَانَا عَلِىُّ
Maulana A`li ra.
مَوْلَانَا عُمَرُ التَّنَارَا اَلْبَنْتَنِى
Maulana Umar Attanara Al-Bantani ra.
الشَيْخُ اْلكَبِيْرُ وَاْلعَالِمُ الْحِجَزَ اَبُوْ عَبْدِ الْمُعْطِى مُحَمَّدٍ
Syaikhul kabir wa A`limul Hijaz Abu A`bdil Mu`thi Muhammad ra. Bi Ma`la
Muhammad Nawawi lahir pada 1230 H (1815 M) di Tanara, sekitar 25 km arah utara Kota Serang. Ayahnya, Umar ibnu Arabi, adalah penghulu setempat. Ia sendiri yang mengajar putra-putranya (Nawawi, Tamim, dan Ahmad) pengetahuan dasar bahasa Arab, Fikih, dan Tafsir.
Kemudian mereka melanjutkan pelajaran ke Kiai Sahal, masih di Banten, dan setelah itu mesantren ke Purwakarta, Jawa Barat, kepada Kiai Yusuf yang banyak santrinya dari seluruh Jawa. Masih remaja ketika mereka menunaikan ibadah haji, Nawawi baru berusia 15 tahun, dan tinggal selama tiga tahun di mekah. Tapi, kehidupan intelektual Kota Suci itu rupanya mengiang-ngiang dalam diri si sulung, sehingga tidak lama setelah tiba di Banten ia mohon dikembalikan lagi ke Mekah. Dan di sanalah ia tinggal sampai akhir hayatnya. Ia wafat pada 25 Syawwal 1314 H/1897 M. Kabar lain menyebutkan kembalinya ke Tanah Suci, setelah setahun di Tanara meneruskan pengajaran ayahnya, disebabkan situasi politik yang tidak menguntungkan. Agaknya keduanya benar.
Di Mekah, selama 30 tahun Nawawi belajar pada ulama-ulama terkenal seperti Syekh Abdul Gani Bima, Syekh Yusuf Sumbulaweni, Syekh Nahrawi, dan Abdul Hamid Daghestani, selain pada Khatib Sambas, pemimpin tarekat Qadiriah, penulis kitab Fathul Arifin, bacaan pengamal tarekat di Asia Tenggara. Sambas juga merupakan guru tokoh di balik pemberontakan petani Banten (1888), KH Abdul Karim alias Kiai Agung, yang menjelang ajal sang guru dipanggil kembali ke Mekah untuk menggantikan kedudukannya.
Dalam penggambaran Snouck Hurgronje, 

سِلْسِلَةُ الْمُعَلِّمِيْنَ
SILSILAH PARA GURU SYEIKH NAWAWI ALBANTANI
رَبُّ اْلأَرْبَابِ وَمُعْتِقُ الرِّقَابِ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
ALLAH SWT.
سَيِّدُنَا جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
MALAIKAT JIBRIL
سَيِّدُنَا مَنْبَعُ اْلعِلْمِ وَاْلأَسْرَارِ وَمَخْزَنُ اْلفَيْضِ وَاْلأَنْوَرِ وَمَلْجَإِ اْلأُمَّةِ وَاْلأَبْرَارِ وَمَهْبَطُ جِبْرِيْلَ فِى اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَحَبِيْبُ اللهِ السَّتَّارُ الَّذِى اَنْزَلَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ اْلكُتُبِ وَاْلأَسْفَرِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا محَُمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ الْمُخْتَار صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمُ
NABI MUHAMMAD SAW.
سَيِّدُنَا عَلِىُّ ابْنِ أَبِىْ طَالِبِ
Sayyiduna A`li bin Abi Tholib Kwh.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ مَوْلاَنَا اْلحُسَيْنِ
Sayyiduna Imam Maulana Husain ra.
 سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ زَيْنِ ْالعَابِدِيْنِ السَّجَادِ
Sayyiduna Imam `Ali Zainal A`bidin Assajad ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ محَُمَّدُ اْلبَاقِرِ
Sayyiduna Imam Muhammad Baqir ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ جَعْفَرُ الصَّادِقِ
Sayyiduna Imam Ja`far Shodiq ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ مُوْسَى اْلكَاظِمِ
Sayyiduna Imam Musal Kazhim ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَلِىُّ الرِّضَى
Sayyiduna Imam A`li Ridho ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو مَحْفُوْظِ ْالمَعْرُوْفِ اْلكَرْخِى
Sayyiduna  Syaikh Abu Mafuzh Ma`ruf Al-Karkhi ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو ْالحَسَنِ سِرِّ الدِّيْنِ السَقَطِى
Sayyiduna  Syaikh Abul Hasan Sirriddin Assaqothi ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو ْالقَاسِمِ اْلجُنَيْدِىِّ ابْنِ محَُمَّدِ ْالبَغْدَادِىِّ
Sayyiduna  Syaikh Abul Qosimil Junaidi bin Muhammad Al-Bagdadi ra.
 سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو بَكْرٍ دُلَّفَ بْنِ جُحْدُوْرِ الشِّبْلِىِّ
Sayyiduna  Syaikh Abu Bakar Dullaf bin Juhdur Asy-Syibli ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ عَبْدُ اْلعَزِيْزِ التَّمِيْمِى
Sayyiduna  Syaikh A`bdul Aziz At-Tamimi ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو ْالفَضْلِ عَبْدِ اْلوَاحِدِ بْنِ عَبْدُ اْلعَزِيْزِ التَّمِيْمِى  
Sayyiduna  Syaikh Abul Fadl A`bdil Wahid bin A`bdil Aziz At-Tamimi ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو الْفَرَاجِ الطَّرْطُوْسِى
Sayyiduna  Syaikh Abul Faroj Ath-Thorthusi ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو الْحَسَنِ عَلِىِّ بْنِ يُوْسُفِ اْلقِرُوْشِى الْحَنْكَارِى
Sayyiduna  Syaikh Abul Hasan A`li bin Yusuf Al-Qirusyi Al-Hankari ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو سَعِيْدِ الْمُبَارَكِ بْنِ عَلِىِّ الْمَخْزُوْمِى
Sayyiduna  Syaikh Abu Sa`id Mubarok bin A`li Al-Makhzumi ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ اْلغَوْثُ اْلأَعْظَمُ اَبُو محَُمَّدٍ عَبْدِ اْلقَادِرِ الْجَيْلَانِى
Sayyiduna  Imam Ghoutsul A`zhom Abu Muhammad Abdil Qodir Jailani ra.
سَيِّدُنَا ْالإِمَامُ عَبْدُ اْلعَزِيْزِ ابْنِ عَبْدِ اْلقَادِرِ الْجَيْلَانِى
Sayyiduna  Imam A`bdul Aziz bin A`bdil Qodir jailani ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ مُحَمَّدُ الْحَتَّاكِ
Sayyiduna  Syaikh Muhammad Hattak ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ شَمْسُ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Syamsuddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ شَرَافُ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Syarofuddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ نُوْرُ الدِّيْنِ زَيْنِ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Nuruddin Zainiddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ وَلِيُّ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Waliyuddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ نُوْرُ الدِّيْنِ هِشَامِ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Nuruddin Hisyamiddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ يَحْيَ
Sayyiduna  Syaikh Yahya ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ اَبُو بَكْرٍ
Sayyiduna  Syaikh Abu bakar ra
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ عَبْدُ الرَّحِيْمِ
Sayyiduna  Syaikh A`bdur Rohim ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ عُثْمَانُ
Sayyiduna  Syaikh U`tsman ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ عَبْدُ اْلفَتَّاحِ
Sayyiduna  Syaikh A`bdul Fattah ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ مُحَمَّدٌ مُرَادٍ
Sayyiduna  Syaikh Muhammad Murod ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ شَمْسُ الدِّيْنِ
Sayyiduna  Syaikh Syamsuddin ra.
سَيِّدُنَا الشَّـيْخِ أَحْمَدُ خَطِيْبِ الشَّمْبَاسِ بْنِ عَبْدِ الْغَفَّارِ
Sayyiduna  Syaikh Ahmad Khotib Syambas bin A`bdil Ghoffar ra.
الشَيْخُ اْلكَبِيْرُ وَاْلعَالِمُ الْحِجَزَ اَبُوْ عَبْدِ الْمُعْطِى مُحَمَّدٍ
Syaikhul kabir wa A`limul Hijaz Abu A`bdil Mu`thi Muhammad ra. Bi Ma`la

Syekh Nawawi adalah orang yang rendah hati. Dia memang menerima cium tangan dari hampir semua orang di Mekah, khususnyan orang Jawa, tapi itu hanya sebagai penghormatan kepada ilmu. Kalau ada orang yang meminta nasihatnya di bidang fikih, dia tidak pernah menolaknya.
Snouck Hurgronje pernah menanyakan, mengapa dia tidak mengajar di Masjid al-Haram, Syekh Nawawi menjawab bahwa pakaiannya yang jelek dan kepribadiannya yang tidak cocok dengan kemulian seorang profesor berbangsa Arab. Sesudah itu Snouck mengatakan bahwa banyak orang yang tidak berpengetahuan tidak sedalam dia, toh mengajar di sana juga. Nawawi menjawab, “Kalau mereka diizinkan mengajar di sana, pastilah mereka cukup berjasa untuk itu”.(Lihat, Steenbrink, Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia, h. 117-122)
Pada tahun 1860-1970, Nawawi mulai aktif memberi pengajaran. Tapi itu dijalaninya hanya pada waktu-waktu senggang, sebab antara tahun-tahun tersebut ia sudah sibuk menulis buku-buku. Di antara murid-muridnya yang berasal dari Indonesia adalah:
1. KH Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Kelak bersama KH Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Ulama (NU).
2. KH Khalil, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
3. KH Mahfudh at-Tarmisi, Tremas, Jawa Timur.
4. KH Asy’ari, Bawean, yang kemudian diambil mantu oleh Syekh Nawawi dinikahkan dengan putrinya, Nyi Maryam.
5. KH Nahjun, Kampung Gunung, Mauk, Tangerang, yang dijadikan mantunya (cucu).
6. KH Asnawi, Caringin, Labuan (kelak memimpin Sarekat islam di Banten).
7. KH Ilyas, Kragilan, Serang.
8. KH Abdul Ghaffar, Tirtayasa, Serang.
9. KH Tubagus Bakri, Sempur, Purwakarta.
10. KH Mas Muhammad Arsyad Thawil, Tanara, Serang, yang kemudian dibuang Belanda ke Manado, Sulawesi Utara, karena peristiwa Geger Cilegon.

Mata pelajaran yang diajarkan Nawawi meliputi Fikih, Ilmu Kalam, Tasawuf/Akhlak, Tafsir, dan Bahasa Arab.
Karya-karyanya
Setelah tahun 1870 Nawawi memusatkan kegiatannya hanya untuk mengarang. Dan boleh dikata, Nawawi adalah penulis yang subur, kurang lebih dari 80 kitab yang dikarangnya. Tulisan-tulisannya meliputi karya pendek, berupa berbagai pedoman ibadah praktis, sampai tafsir al-Qur’an – sebagian besarnya merupakan syarah kitab-kitab para pengarang besar terdahulu.
Berikut contoh beberapa karya Nawawi, mulai dari fikih, tafsir, sampai bahasa Arab, yang kita kutip dari H Rafiuddin (Sejarah Hidup dan Silsilah al-Syeikh Kyai Muhammad Nawawi Tanari, 1399 H):
1. Sulam al-Munajah, syarah atas kitab Safinah ash-Shalah, karya Abdullah ibn Umar al-Hadrami.
2. Al-Tsimar al-Yaniat fi riyadl al-Badi’ah, syarah atas kitab Al-Riyadl al-Badi’ah fi Ushul ad-Din wa Ba’dhu furu’usy Sar’iyyah ’ala Imam asy-Syafi’i karya Syekh Muhammad Hasballah ibn Sulaiman.
3. Uqud al-Lujain fi Bayani Huquq al-Jawazain, kitab fikih mengenai hak dan kewajiban suami-istri
4. Nihayatuz Zain fi Irsyad al-Mubtadiin, syarah atas kitab Qurratul ’aini bi muhimmati ad-din, karya Zainuddin Abdul Aziz al-Maliburi.
5. Bahjat al-Wasil bi Syarhil Masil, syarah atas kitab Ar-Rasail al-Jami’ah Baina Ushul ad-Din wal-Fiqh wat-Tasawuf, karya Sayid Ahmad ibn Zein al-Habsyi.
6. Qut al-Habib al-Ghaib, Hasyiyah atas syarah Fathul Gharib al-Mujib karya Muhammad ibn Qasyim al-Syafi’i.
7. Asy-Syu’ba al-Imaniyyat, ringkasan atas dua kitab yaitu Niqayyah karya al-Sayuthi dan al-Futuhat al-Makiyyah karya Syekh Muhammad ibn Ali.
8. Marraqiyyul ’Ubudiyyat, syarah atas kitab Bidayatul Hidayah karya Abu hamid ibn Muhammad al-Ghazali .
9. Tanqih al-Qaul al-Hadits, syarah atas kitab Lubab al-Hadits karya al-Hafidz Jalaluddin Abdul Rahim ibn Abu Bakar as-Sayuthi.
10. Murah Labib li Kasyfi Ma’na al-Qur’an al-Majid, juga dikenal sebagai Tafsir Munir.
11. Qami’al Thughyan, syarah atas Syu’ub al Iman, karya Syekh Zaenuddin ibn Ali ibn Muhammad al-Malibari.
12. Salalim al-Fudlala, ringkasan/risalah terhadap kitab Hidayatul Azkiya ila Thariqil Awliya, karya Zeinuddin ibn Ali al-Ma’bari al-Malibari.
13. Nasaih al-Ibad, syarah atas kitab Masa’il Abi Laits, karya Imam Abi Laits.
14. Minqat asy-Syu’ud at-Tasdiq, syarah dari Sulam at-Taufiq karya Syeikh Abdullah ibn Husain ibn Halim ibn Muhammad ibn Hasyim Ba’lawi.
15. Kasyifatus Saja, syarah atas kitab Syafinah an-Najah, karya Syekh Salim ibn Sumair al-Hadrami.

Dalam pada itu, YA Sarkis menyebut 38 karya Nawawi yang penting, yang sebagiannya diterbitkan di Mesir. Misalnya Murah Labib, yang juga dikenal sebagai Tafsir Munir.
Berikut beberapa contoh karya Nawawi yang penting yang terbit di Mesir (Dhofier, 86):
1. Syarah al-Jurumiyah, isinya tentang tata bahasa Arab, terbit tahun 1881.
2. Lubab al-Bayan (1884).
3. Dhariyat al-Yaqin, isinya tentang doktrin-doktrin Islam, dan merupakan komentar atas karya Syekh sanusi, terbit tahun 1886.
4. Fathul Mujib. Buku ini merupakan komentar atas karya ad-Durr al-Farid, karya Syekh Nahrawi (guru Nawawi) terbit tahun 1881.
5. Dua jilid komentar tentang syair maulid karya al-Barzanji. Karya ini sangat penting sebab selalu dibacakan dalam perayaan-perayaan maulid.
6. Syarah Isra’ Mi’raj, juga karangan al-Barzanji.
7. Syarah tentang syair Asmaul Husna.
8. Syarah Manasik Haji karangan Syarbini terbit tahun 1880.
9. Syarah Suluk al-Jiddah (1883)
10. Syarah Sullam al-Munajah (1884) yang membahas berbagai persoalan ibadah.
11. Tafsir Murah Labib.

Syekh Nawawi menjadi terkenal dan dihormati karena keahliannya menerangkan kata-kata dan kalimat-kalimat Arab yang artinya tidak jelas atau sulit dimengerti yang tertulis dalam syair terkenal yang bernafaskan keagamaan. Kemasyhuran Nawawi terkenal di hampir seluruh dunia Arab. Karya-karyanya banyak beredar terutama di negara-negara yang menganut faham Syafi’iyah. Di Kairo, Mesir, ia sangat terkenal. Tafsirnya Murah Labib yang terbit di sana diakui mutunya dan memuat persoalan-persoalan penting sebagai hasil diskusi dan perdebatannya dengan ulama al-Azhar.
Di Indonesia khususnya di kalangan pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan Islam, serta peminat kajian Islam Syekh Nawawi tentu saja sangat terkenal. Sebagian kitabnya secara luas dipelajari di pesantren-pesantren Jawa, selain di lembaga-lembaga tradisional di Timur tengah, dan berbagai pemikirannya menjadi kajian para sarjana, baik yang dituangkan dalam skripsi, tesis, disertasi, atau paper-paper ilmiah, di dalam maupun luar negeri.
Beberapa karya ilmiah tentang Syekh Nawawi yang ditulis sarjana kita antara lain:
1. Ahmad Asnawi, Pemikiran Syekh Nawawi al-Bantani tentang Af’al al-’Ibad (Perbuatan Manusia), (Tesis Magister IAIN Jakarta, 1984).
2. Ahmad Asnawi, Penafsiran Syekh Muhammad nawawi tentang Ayat-ayat Qadar. (Disertasi Doktor IAIN Jakarta, 1987).
3. Hazbini, Kitab Ilmu Tafsir Karya Syeikh Muhammad Nawawi, (Tesis Magister IAIN Jakarta, 1996).
4. MA Tihami, Pemikiran Fiqh al-Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani, (Disertasi Doktor IAIN Jakarta, 1998).
5. Sri Mulyati, Sufism in Indonesia: Analysisof Nawawi al-Bantani’s Salalim al-Fudhala, (Tesis Mgister McGill University, Kanada, 1992).
6. Muslim Ibrahim Abdur Rauf, Al-Syeikh Muhammad Nawawi al-Jawi: Hayatuhu wa Atsaruhu fi al-Fiqh al-Islami. (Tesis Magister, Al-Azhar University, Kairo, 1979).

Nawawi dan Polotik Kolonialisme
Syekh Nawawi memang tidak seaktif Syekh Nahrawi yang menyerukan jihad dalam menghadapi kekuasaan asing di Nusantara. Toh dia merasa bersyukur juga ketika mendengar betapa Belanda menghadapi banyak kesulitan di Aceh. Dalam pembicaraannya dengan Snouck Hurgronje, dia tidak menyetujui pendapat bahwa tanah Jawa harus diperintah oleh orang Eropa.
“Andaikata Kesultanan Banten akan dihidupkan kembali, atau andaikata sebuah negara Islam independen akan didirikan di sana, pasti dia akan betul-betul merupakan kegiatan suatu kelompok orang fanatik yang tidak teratur,” kata Hurgronje, yang pernah menetap selama enam bulan di Mekah (dalam penyamaran), 1884-1885. Tak heran, jika ia memandang pemberontakan petani di Cilegon (1888) yang dipimpin KH Wasid, sebagai jihad yang diperintahkan..
harap di koreksi jika terdapat keluputan !!!